Sabtu, 02 Maret 2013

Binahong



Tumbuhan binahong juga termasuk tanaman toga karena pada tanaman ini banyak terkandung manfaat yang begitu besar bagi kesehatan manusia. Tanaman yang nama latinnya Anredera Cordifolia begitu mudah tumbuh subur didataran rendah maupun didataran tinggi. Tanaman binahong ini tumbuh secara merambat, dia bisa tumbuh mengikuti rambatannya berapapun panjang rambatan itu.

Tanaman ini berbatang silinder tidak berongga dan berwarna merah bening atau merah jernih sedangkan daunnya berbentuk seperti hati permukaan halus dan tebal. Dahulu tidak ada yang banyak mengetahui akan manfaat tanaman binahong ini. Tetapi setelah begitu marak tanaman toga, mulai banyak orang yang mencari tanaman toga diantaranya binahong ini. Tanaman ini dimanfaatkan untuk menyembuhkan atau mengurangi beberapa penyakit ringan maupun berat.

Adapun khasiat yang terkandung dalam tanaman binahong ini diantaranya adalah :

  • melancarkan peredaran darah
  • mempercepat penyembuhan luka habis operasi ataupun luka yang sudah menahun
  • mencegah stroke, asam urat, maag, diabetes
  • mengobati gatal-gatal
  • mengobati pusing, sakit perut
  • mengobati radang
  • dan lain-lain
Masih banyak sekali khasiat yang terkandung pada tanaman binahong ini, yang jelas hampir tidak ada efek sampingnya. Cara penggunaannya juga terserah kita kalau luka luar pastinya ambil beberapa lembar daun lumat atau hancurkan atau sekedar kita gores-gores saja yang penting getah air yang terkandung didalam daun bisa keluar lalu tempelkan pada luka yang terbuka. Lain halnya kalau luka dalam kita bisa ambil beberapa lembar kita rebus dan air rebusan kita minum maksimal 2 kali sehari.

Nah mudah sekali cara penggunaannya...Semoga bermanfaat untuk semua yang membacanya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar