Sabtu, 02 Maret 2013

Sirih Merah


Sirih merah....mungkin diantara kita tanaman ini sudah banyak yang mengetahuinya bahkan mungkin banyak yang menanamnya sebagai hiasan sekaligus tanaman obat. Sebetulnya gak beda sama sirih hijau sama-sama punya banyak khasiatnya tapi kalau yang suruh merah bisa dikatakan mempunyai khasiat lebih daripada suruh hijau...

Cara menanamnyapun mudah sekali bisa ditanam diair ( masukkan pada tabung atau botol yang berisi air ) bisa juga langsung ditanam ditanah...Tanaman ini tumbuh merambat jadi kalau menanam harus diberi rambatan kayu.

Suruh merah ini bisa mengobati berbagai penyakit diantaranya untuk penyakit diabetes millitus, kanker, liver, jantung, radang pada mata serta keputihan. Dikarenakan pada tanaman suruh merah ini terdapat senyawa-senyawa kimia diantaranya adalah senyawa flavonoid, alkoloid, saponin, tanin. Adapun senyawa-senyawa tersebut berfungsi sebagai antioksidan, antidiabetik, antikanker, antiseptik dan anti inflamatik.

Malah sekarang sudah dijual suruh merah yang kapsul....jadi kita tidak perlu repot ataupun bingung untuk mendapatkannya bila kita lagi membutuhkan...

Mengetahui begitu banyak manfaat dan khasiat yang terkandung didalam tanaman suruh merah ini, alangkah baiknya jika kita menanamnya....Semoga tulisan saya ini bermanfaat.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar